Strategi Corporate E-Commerce Logistics di Indonesia

Apa yang dimaksud sebagai corporate e-commerce logistics dan bagaimana strateginya bagi pelakunya di Indonesia? Logistik merupakan pengelolaan sumber daya atau produk selama penyimpanan dan transit. Dalam konteks e-commerce, logistik merupakan proses pengiriman barang pesanan kepada semua pelanggan atau mengirimkannya kepada para penjual. Prosedurnya akan memastikan apakah barang benar-benar sampai ke titik pengiriman.

Tantangan-tantangan E-Commerce

Praktik e-commerce di Indonesia memang semakin pesat dan berjalan seiringan bersama setiap tantangan yang mesti dihadapi. Beberapa jenis tantangan itu meliputi sistem transaksi, penggunaan internet, dan standarisasi logistik pengiriman e-commerce.

Sistem Transaksi

Metode transaksi dalam corporate e-commerce logistics umumnya memakai kartu debit, kartu kredit, mobile banking, dan sejenisnya. Metode-metode semacam itu sebenarnya masih belum biasa digunakan pasar Indonesia. Ditambah lagi fakta bahwa cukup banyak konsumen di Indonesia yang masih belum terdaftar sebagai nasabah rekening bank.

Penggunaan Jaringan Internet

Lagi-lagi persoalan jaringan internet yang jika dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia termasuk yang paling lambat. Hal ini jelas menghambat praktik e-commerce menjadi kurang maksimal.

Standarisasi Logistik Pengiriman E-Commerce

Penerapan standar pengiriman barang yang belum jelas. Buktinya, masih sering dijumpai keluhan konsumen akibat prosedur pengiriman barang yang tidak memuaskan, mulai dari cacat produk, kerusakan selama perjalanan, dan lain-lain.

Apa Strateginya?

Poin yang paling jelas ialah peningkatan mutu di segala aspek yang berkaitan langsung dan tidak langsung dengan praktik e-commerce. Bahkan disarankan untuk terbentuknya jaringan dan kolaborasi di antara pengusaha e-commerce demi menciptakan konsep yang lebih rapi, disiplin, dan mewujudkan kepuasan konsumen. Faktor-faktor yang diutamakan adalah kemudahan komunikasi antara penjual dan konsumen, kenyamanan dan keamanan, dan penerapan sistem yang terintegrasi lebih baik.

Strategi e-commerce logistik di Indonesia pasti akan berkembang lebih baik jika penerapannya dijalankan secara konsisten. Kebutuhan jaman yang terus berubah dan berkembang, sementara tingkat teknologi yang dinamis, semua itu menempatkan konteks e-commerce menjadi lebih relevan dari tahun ke tahun. Praktik e-commerce pun terbukti sangat menguntungkan bagi konsumen yang selama ini menghadapi kesulitan akses ke produk yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *