Faktor yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Investasi Reksadana

Anda ingin melakukan investasi reksadana? Reksadana memang salah satu jenis investasi yang banyak digandrungi karena kemudahan dan kebutuhan dana yang tidak banyak untuk mulai melakukan investasi. Tentu investor tidak bisa serta-merta menggelontorkan dananya untuk investasi di sembarang reksadana. Ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan mengenai cara memilih reksadana untuk investasi Anda.

Imbal Hasil dan Risiko

Pertama, Anda perlu menimbang-nimbang imbal hasil dan risiko dari investasi Anda. Jika Anda memilih reksadana saham misalnya, Anda perlu mempertimbangkan imbal hasil berupa peningkatan nilai reksadana yang dipengaruhi oleh peningkatan harga saham. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak ada jaminan atas peningkatan tersebut. Faktor risiko juga tidak boleh Anda lupakan saat memilih reksadana. Ada risiko fluktuasi yang bisa Anda temukan dalam reksadana saham karena saham yang dikelola mengalami fluktuasi harga. Karena dua hal ini, pengelola biasanya menyatakan bahwa keuntungan pasti reksadana tidak bisa mereka jamin.

Biaya

Selanjutnya, Anda juga wajib memperhatikan faktor biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan investasi ini. Investor akan dibebani beberapa jenis biaya untuk pembelian, penjualan, dan pengalihan. Biaya ini akan dihitung dalam nilai transaksi.

Strategi Investasi

Anda perlu mempelajari fun fact sheet dengan seksama karena ada informasi penting di dalamnya mengenai strategi yang akan digunakan oleh manajer investasi untuk mengelola dana yang Anda investasikan. Informasi tersebut meliputi sektor investasi atau komposisi saham yang akan diinvestasikan.

Manajer Investasi

Peran manajer investasi sangat besar dalam investasi reksadana karena ialah yang akan mengelola dana investasi Anda. Anda tidak boleh lalai untuk mengecek profil manajer investasi beserta rekam jejaknya yang bisa Anda temukan dalam pula fun fact sheet.

Hak Investor

Sebagai pemegang unit penyertaan reksadana, Anda mempunyai hak-hak yang wajib untuk ketahui. Berbagai macam hak yang dimiliki oleh investor bisa Anda temukan dalam prospektus reksadana. Sebaiknya Anda mempelajari poin ini baik-baik sebelum melakukan investasi.

Kebijakan Investasi

Dalam fun fact sheet, Anda akan menemukan penjelasan secara garis besar mengenai strategi investasi selain pemilihan sektor dan saham reksadana. Anda bisa mempelajari lebih dalam mengenai alokasi modal investasi Anda dan jumlah alokasinya untuk beragam instrumen investasi dalam reksadana.

Jumlah Keseluruhan Dana Kelolaan

Anda juga perlu mengetahui total dana kelolaan atau yang lebih dikenal sebagai AUM (Asset Under Management) yang dikelola oleh manajer investasi Anda. Reksadana dianggap semakin bonafide jika total dana kelolaan reksadana tersebut semakin besar.

Riwayat Kinerja

Sangat penting untuk memilih reksadana paling tepat sebelum memutuskan untuk membeli unit investasi dari reksadana tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengetahui riwayat kinerja reksadana tersebut dan membandingkannya dengan pertumbuhan IHSG. Sebaiknya Anda tidak melakukan investasi reksadana dengan pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan IHSG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *