Menimbang Kelebihan dan Kelemahan Tempat Les Online Bagi Anak

Tempat les online menjadi sarana alternatif selama masa pandemi. Banyak orang tua yang memilih mendaftarkan anaknya ke bimbingan belajar. Bimbingan belajar dapat membantu anak dalam meningkatkan prestasi. Tidak hanya di sekolah saja anak mendapatkan materi pembelajaran tetapi lewat bimbel anak dapat lebih dapat mengoptimalkan proses belajarnya.

Orang tua tentunya ingin anaknya memiliki kemampuan yang memadai semenjak dini. Namun adakah batasan umur yang tepat bagi anak untuk mengikuti les atau kursus? Saat hendak mendaftarkan ke bimbingan belajar ada baiknya Anda memperhatikan usia dan kondisi dari anak.

1. Mendaftarkan Anak ke Bimbingan Belajar
Orang tua selalu berharap kemampuan dan bakat anaknya dapat terasah dari kecil. Tak heran jika cukup banyak anak kecil yang sudah mulai bergabung ke les meski usianya masih terlalu dini. Sebelum mendaftarkan ke tempat les online ada baiknya Anda memahami kondisi si anak terlebih dahulu. 

Anak yang belum mencapai umur 6 tahun masih membutuhkan waktu bermain. Perkembangan kognitif serta motorik anak umur di bawah 6 tahun masih berkembang. Jika Anda tetap ingin mendaftarkan ke les usahakan mengutamakan jenis kegiatan seperti permainan kreativitas. Permainan yang mendukung kognitif dan motorik anak contohnya mengenal bentuk atau gambar, menyusun balok hingga mewarnai.

Berbeda halnya jika si anak sudah berumur 6 tahun keatas. Biasanya anak di umur ini cukup sering mengalami kendala belajar. Anda juga dapat menyesuaikan sesuai dengan minat dan bakatnya. Selanjutnya daftarkan di tempat les online andalan dan terpercaya.

2. Kelebihan dan Kelemahan Belajar Online 
Meski bisa dikatakan praktis namun belajar online tetap saja ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari belajar online yaitu bisa dilakukan dimana saja. Anak tidak perlu keluar rumah sehingga proses belajar anak juga dapat lebih mudah terpantau. Terkadang lokasi menjadi batasan yang harus dihadapi murid dan juga pengajar. Namun dengan les online pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Karena waktunya fleksibel jadi materi pembelajaran juga dapat diputar berulang kali. Biasanya tempat les online memberikan video materi pada murid yang dapat disimpan untuk pembelajaran secara mandiri. Ada murid yang memang perlu mengulang materi sampai ia paham.

Selain itu pembelajaran online juga dirasa lebih menyenangkan. Karena materi bisa dibuat lebih menarik seperti menggabungkannya dengan permainan multimedia. Dengan begitu murid tidak mudah bosan dan tentunya lebih semangat. 

Sayangnya pembelajaran online dapat membatasi murid dari interaksi yang ada disekitarnya. Murid tidak dapat berinteraksi langsung dengan tentor sehingga mereka merasa belajar seorang diri. Belum lagi masalah kesehatan juga turut menghantui seperti kelelahan mata karena seringnya menatap layar. Sebaiknya Anda memperhatikan waktu belajar dan juga posisi duduk saat anak Anda bergabung dengan tempat les online. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *